Jumat, 28 Juni 2013

Peringatan Hari Keluarga Nasional ke-20

Filled under:


KBRN, Jakarta: Acara puncak pada peringatan Hari Keluarga XX Tingkat Nasional Tahun 2013, digelar di Kendari, Sulawesi Tenggara, pada Sabtu (29/6/2013). Acara puncak dihadiri oleh 11 ribu orang, 5 ribu orang diantaranya dari Sulawesi Tenggara. Acara ini juga akan dihadiri oleh Wakil Presiden Boediono.
Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) Fasli Jalal, yang juga merupakan Panita Penyelenggara Hari Keluarga XX Tingkat Nasional mengatakan peringatan Hari Keluarga XX merupakan momen bagi keluarga Indonesia untuk introspeksi, apakah sudah menjalankan fungsi keluarga atau sebaliknya.
“Keluarga bisa melakukan refleksi di keluarga masing-masing, dengan cara masing-masing. Apakah mereka sudah menjalankan fungsi keluarga,” kata Fasli Jalal, dalam dialog bersama Pro 3 RRI, Sabtu (29/6/2013).
Di Indonesia jumlah keluarga ada 64 juta. Fungsi tersebut meliputi ritual ibadah apakah sudah semakin membaik, kemudian rasa cinta, peran sosial, kepedulian kepada lingkungan.
“Apakah ritual keagamaan mereka semakin baik, apakah rasa cinta kasih masih terpelihara kalau bisa meningkat, peran sosial. Kekerasan didalam rumah tangga harus dihilangkan, pendidikan dan kesejahteraan ditingkatkan”.
Peringatan Hari Keluarga XX juga diisi dengan kegiatan sosial seperti khitanan massal, operasi mata katarak, bakti sosial untuk masyarakat sekitar, pesta kuliner, pameran hasil kerajinan tangan.
Pada perjalanannya, peringatan Hari Keluarga XX sudah berlangsung sejak 1993, dan kerap dihadiri oleh kepala negara. Peringatan Hari Keluarga merupakan apresiasi pemerintah terhadap keluarga Indonesia dan dorongan untuk membentuk keluarga yang tangguh, karena hanya dari keluarga tangguh, yang dapat membangun bangsa.
Dan pemerintah pun berkomitmen untuk mendorong, memfasilitasi, membantu untuk menciptakan keluarga yang tangguh. “Kita berharap 64 juta keluarga punya waktu untuk mendiskusikan. Apa yang belum baik maka diperbaiki secara mandiri,” ujarnya. (Sgd/YY)


Sumber : http://rri.co.id/index.php/berita/59074/Peringatan-Hari-Keluarga-Ke-20-Momen-Refleksi#.Uc5iC_ml4WA

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.